Monday, April 06, 2009

aku cinta makanan indonesia <3

Created by Ryaa Tenriawaru at 20:08
yeah, judul diatas bener loh. JUJUR DARI HATI YANG TERDALAM, karena memang tak ada yang bisa menandingi kelezatan dan keragaman kuliner indonesia. gue salah satu orang yang mulutnya agak 'rewel' soal makanan, makanya gue inget banget kejadian waktu pertama kali liburan ke singapur sekitar 3taun yang lalu, dan begitu gue coba makanannya hueee ga enak dan sontak gue langsung nangis dan pengen cepet pulang ke indonesia nyari makanan-makanan enak. selain itu juga gue sempet nyoba buat beli "pop mie"-nya singapur gitu dan rasanya hmm jauh enakan pop mie-nya indonesia deh, dari bumbunya aja udah ga enak. ga bangkitin selera makan deh.

selain itu dimana lagi kita bisa nemuin makanan lezat kaya gado-gado, pempek palembang, soto ayam, sate ayam, apalagi tahu dan tempe goreng yang mengandung gizi tinggi, tapi belakangan ini gue lagi suka sama satu makanan yang bernama RENGGINANG. hayooo pada tau ga???


ini nih yang namanya Rengginang, krunchy

sejujurnya juga gue ga tau asal-usul tentang makanan yang satu ini, yang gue tau cuma ini makanan yang katanya berasal dari nasi keras yang udah dikeringkan dan digoreng dan berubah menjadi kerupuk yang sangat renyah dan krunchy. kriukkk kriukkkk (ko gitu ya bunyinya, hhee). gue juga ga tau ni sebenernya makanan khas dari daerah mana, katanya sih jawa (kata pembantu tetangga gue) tapi katanya nyokap gue juga dari kecil udah makan rengginang (nyokap gue kecilnya di Ambon) hmm, jadi rancu yah.

nah, kebetulan gue suka makan rengginang karena temen nyokap gue, Bu Echi, dari bandung tiap ke rumah gue pasti bawa oleh-oleh rengginang satu toples dan kebetulan hari sabtu kemarin dia dateng. alhasil hari-hari gue belakangan ini diisi oleh nyemil rengginang, ajibbbb ;)


setoples rengginang dari Bu Echi, kemana isinya yaa ???
DI PERUT GUE, hahaaa


tadi gue sempet browsing dan nemuin info, sbb :

"Rengginang merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari nasi atau nasi ketan yang dikeringkan lalu digoreng panas (deep-fry). Agak berbeda dari jenis kerupuk lain, yang dibuat dari adonan bahan yang dihaluskan (seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo), rengginang tidak dihancurkan, sehingga bentuk butiran nasi masih tampak."

Bahan:
1 kg ketan
3 siung bawang putih, cincang halus dan goreng kering
20 gr gula pasir

40 gr garam
bumbu masak secukupnya (bila suka)

Cara membuatnya:
Cuci ketan hingga bersih dan rendam selama 24 jam. Tiriskan airnya dan cuci lagi.Siapkan ketan, bawang putih goreng, gula dan garam dalam panci dan masukkan air hingga 1 cm lebih dari tinggi ketan. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga ketan tanak. Angkat dan biarkan agak sedikit dingin.
Keluarkan ketan dari panci dan ratakan pada permukaan talenan yang cukup lebar. Potong-potong menurut selera atau bisa dicetak dengan cetakan kue yang berdiameter 5 cm. Jemur hingga kering. Goreng rengginang dalam minyak panas.

hmm, udah ah gue mau nyemil rengginang dulu, pokoke tetep cintai kuliner indonesia dan salam MAKNYUSSSSSSSS ! :D

1 cuap-cuap on "aku cinta makanan indonesia <3"

Putri Erdisa Januarti on April 8, 2009 at 4:38 PM said...

waaahh... aku hobi banget tuh ngemil rengginang! sayangnya cuma nenek yg bisa bikinin ! huaaa jadi mau dehh... X(

Post a Comment

 

Miss Jeong Hoon Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez